CARA MENJALANKAN BISNIS YANG BENAR DAN CARA MEMILIH INVESTASI YANG TEPAT

Seringkali orang dihadapkan pada pilihan yang membingungkan dalam menghasilkan uang, yaitu apaka memutuskan sebagai pekerja atau sebagai pebisnis. Sebagai pekerja, Anda memiliki penghasilan yang pasti dan terus meningkat. Anda tidak perlu merasa khawatir akan kerugian karena tidak ada modal apa pun yang Anda keluarkan, selain tenaga dan pikiran Anda saja. Namun, sebagai pekerja, Anda hanya akan dibayar pada saat bekerja. Artinya, penghasilan Anda akan terhenti pada saat Anda tidak bekerja, berhenti bekerja, atau pensiun. Dapatkah Anda memenuhi kebutuhan hidup yang tidak akan pernah berhenti walaupun Anda berhenti bekerja? Sebagai pebisnis, Anda memiliki penghasilan yang tak terbatas dan terus-menerus. Uang akan tetap mengalir ke rekening bank Anda walaupun Anda tidak sedang bekerja, bahkan pada saat Anda tidur sekalipun. Namun, sebagai pebisnis, Anda harus menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan bahwa bisnis yang Anda geluti mengalami kerugian atau bahkan kegagalan. Kerugian atau kegagalan bisnis akan berdampak langsung pada terhentinya penghasilan Anda. Dapatkah Anda memenuhi kebutuhan hidup yang tidak akan pernah berhenti jika penghasilan bisnis Anda Terhenti? Sebagai jalan tengahnya, Robert T. Kiyosaki menyarankan bahwa Anda sebaiknya berpijak pada dua kaki, yaitu sebagai pekerja dan sebagai pebisnis. Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja, mulailah berpikir dan memutuskan untuk berbisnis sebagai bekal setelah Anda pensiun. Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja dan berkeinginan untuk berbisnis, janganlah terburu-buru untuk langsung berhenti dari tempat kerja Anda, karena jika bisnis Anda mengalami kerugian atau kegagalan, maka dampaknya akan sangat vatal bagi keberlangsungan hidup Anda dan keluarga. Bagi Anda yang saat ini belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan, usahakan untuk memilih bekerja pada bidang bisnis yang Anda sukai, agar Anda memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang cukup sebagai bekal untuk menjalankan bisnis Anda nantinya. Jadi, proses yang benar adalah: mulailah dari sebagai pekerja terlebih dahulu, kemudian berpijaklah pada dua kaki yaitu sebagai pekerja dan sekaligus sebagai pebisnis, dan selanjutnya berhentilah sebagai pekerja ketika penghasilan bisnis Anda mampu memberikan kebebasan financial untuk Anda.

Selain dari bekerja sebagai karyawan, Anda dapat memperoleh sumber penghasilan atau nafkah dari kegiatan lain, yaitu bisnis dan investasi. Bisnis adalah semua bentuk kegiatan usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa laba. Pemilik bisnis memiliki keterlibatan aktif pada bisnis yang dijalankannya, karena tanggung jawab terbesar terhadap keberlangsungan, keuntungan dan kemungkinan kerugian bisnis terletak sepenuhnya pada pemilik bisnis atau business owner. Jika modal bisnis berasal dari pemilik bisnis sepenuhnya, maka keuntungan ataupun kerugian menjadi milik mutlak dari pemilik bisnis. Jika modal bisnis berasal dari orang lain sebagai pemilik modal atau investor, atau gabungan dari pemilik bisnis dan investor, maka keuntungan ataupun kerugian menjadi milik bersama antara pemilik bisnis dan investor secara proporsional. Investasi adalah modal yang ditanamkan pada sebuah bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil usaha, atau modal yang digunakan untuk membeli produk tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa kenaikan harga dari produk tersebut di masa mendatang. Pemilik investasi atau investor memiliki keterlibatan pasif pada investasi yang dimilikinya, karena keuntungan dan kerugian investasi bergantung pada pihak lain atau keadaan pasar. Jika investasi yang dilakukan berupa penanaman modal pada sebuah bisnis, maka keuntungan ataupun kerugian investasi bergantung pada kemampuan pengelola bisnis dalam memberikan bagi hasil kepada investor. Jika investasi yang dilakukan berupa penggunaan modal untuk membeli produk tertentu, maka keuntungan ataupun kerugian investasi bergantung pada naik turunnya harga produk yang ditentukan sepenuhnya oleh keadaan pasar saat itu. Oleh karena itu, modal yang digunakan untuk berinvestasi seharusnya bukanlah uang yang berasal dari tabungan pokok Anda atau uang yang berasal dari pinjaman pihak lain. Dengan kata lain, modal yang digunakan untuk berinvestasi haruslah berasal dari uang yang dinyatakan aman, karena modal tersebut kemungkinan suatu saat akan berkurang jumlahnya atau bahkan hilang lenyap sama sekali seiring dengan kegagalan atau kerugian dari bentuk investasi yang Anda pilih.

Keberhasilan sebuah bisnis ditentukan oleh tingkat pengetahuan dari pemilik atau pengelola bisnis dalam menjalankan bisnis. Pemilik atau pengelola bisnis harus terlebih dahulu mempelajari secara rinci mulai dari prinsip menjalankan bisnis, menentukan produk yang tepat untuk dijual, cara menghasilkan atau mendapatkan produk, cara memasarkan produk, cara mengelola keuangan, cara mengelola pegawai, dan sebagainya. Di sisi lain, keberhasilan sebuah investasi ditentukan oleh tingkat pengetahuan dari pemilik investasi dalam memilih bentuk atau jenis investasi yang tepat. Pemilik investasi harus terlebih dahulu mempelajari secara rinci berbagai pilihan bentuk dan jenis investasi yang ada. Jika Anda ingin berinvestasi, sangatlah disarankan kepada Anda untuk menerjuni dunia bisnis terlebih dahulu, dengan harapan bahwa Anda dapat mengetahui secara pasti bentuk atau jenis bisnis apakah yang menguntungkan dan yang Anda sukai. Pengalaman matang dalam menjalankan bisnis akan mempertajam intuisi Anda dalam menentukan dan memilih bentuk atau jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan pasti dan berkelanjutan untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana CARA MENJALANKAN BISNIS YANG BENAR DAN CARA MEMILIH INVESTASI YANG TEPAT, berikut ini Kami berikan referensinya untuk Anda.

#1. CARA MENGELOLA KEUANGAN

 

#2. CARA BERINVESTASI EMAS

 

#3. CARA BERINVESTASI SAHAM

 

#4.1. CARA MENDIRIKAN DAN MENJALANKAN BISNIS TRAVEL AGENT ONLINE

 

#4.2. BEPERGIAN KE LUAR NEGERI DENGAN BIAYA MURAH DAN BAHKAN GRATIS

 

#5. CARA MEMBANGUN BISNIS SENDIRI

 

Salam Sukses Bahagia.

I.G. EDY ARYAWAN, S.PD

Pemilik Dan Pengelola Website PENGETAHUANINTERNET.COM

Alamat Email: pengetahuaninternet@gmail.com

Telepon Dan SMS: 083832329000

PENGETAHUANINTERNET.COM Office Address: Sukodono Sidoarjo, Indonesia

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply