CARA MENGASAH KEAHLIAN DAN CARA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN DIRI

Dalam memasuki dunia karir dan bisnis, modal paling utama yang harus Anda miliki adalah kemampuan Anda sendiri. Kemampuan ini dapat diperoleh dari sebuah kegiatan yang panjang dan berkelanjutan, yang disebut dengan belajar. Belajar membuat Anda yang mulanya tidak tahu, menjadi tahu. Tetapi mengetahui saja tidaklah akan ada gunanya, karena menerapkan apa yang Anda ketahui adalah justru yang menjadi segala-galanya. Ini berarti, lakukanlah dan terapkanlah apa yang telah Anda ketahui ke dalam sebuah tindakan yang nyata. Tindakan yang didasari pengetahuan akan melahirkan kemampuan. Kemampuan yang dilakukan secara berulang-ulang akan melahirkan keterampilan. Sedangkan, keterampilan yang diasah terus-menerus akan melahirkan keahlian. Dalam dunia karir dan bisnis, dapatlah dipastikan bahwa Anda dibayar karena Anda terampil; tetapi Anda akan dibayar mahal jika Anda ahli. Dengan demikian, jadikanlah diri Anda sebagai seorang yang ahli di bidang yang Anda sukai, dan jadikan hal tersebut sebagai target pencapaian tujuan atau goal hidup Anda.

Satu-satunya jalan tembus yang akan mempermudah Anda dalam mencapai keahlian yang Anda inginkan adalah belajar. Sebuah nasehat bijak mengatakan bahwa Anda lebih baik menggunakan uang untuk berinvestasi pada leher ke atas, dan bukannya pada leher ke bawah. Jika Anda menggunakan uang untuk memenuhi kesenangan Anda, maka uang Anda akan segera lenyap dari tangan Anda, seiring dengan kesenangan yang Anda dapatkan. Tetapi jika Anda menggunakan uang untuk mengisi otak Anda dengan pengetahuan, maka pengetahuan yang ada di dalam otak Anda pada gilirannya akan mengalirkan limpahan uang secara otomatis ke dalam dompet dan rekening bank Anda. Jika fokus kegiatan Anda adalah mencari uang, maka uang pasti akan Anda dapatkan, dan akan berhenti manakala Anda tidak mencarinya lagi. Jika fokus kegiatan Anda adalah mengasah keahlian Anda, maka keahlian akan Anda dapatkan, dan uang akan serta-merta datang pada Anda tanpa dicari dan tanpa diminta. Jadi, keberhasilan dalam menjalani karir dan bisnis dapat diukur dari kwalitas keahlian yang Anda miliki; dan kwalitas keahlian yang baik hanya dapat diraih dengan cara belajar yang dilakukan secara terus-menerus, tanpa henti, dengan penuh ketekunan, dan tanpa kenal lelah.

Pasti pernah terlintas pada benak Anda sebuah pertanyaan: “Apakah yang menjadi factor penentu seseorang lebih sukses daripada yang lain dalam segala bidang kehidupan?”. Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah terletak pada apa yang disebut dengan citra diri. Citra diri adalah pandangan atau penilaian yang diberikan kepada diri seseorang oleh orang lain. Citra diri inilah yang menjadi penyebab mengapa seorang penjual dapat menjual lebih banyak produk dan memiliki lebih banyak konsumen daripada penjual yang lain, penyebab mengapa seorang pegawai atau pekerja mendapatkan promosi kenaikan jabatan atau pangkat lebih cepat daripada yang lain, penyebab mengapa seseorang lebih disukai dalam pergaulan daripada yang lain, dan sebagainya. Satu-satunya upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan citra diri Anda adalah sebuah upaya yang dikenal dengan sebutan pengembangan diri.

Secara umum, pengembangan diri dapat digolongkan ke dalam tiga aspek utama, yaitu pengembangan diri secara profesional, sosial, dan individual. Pengembangan diri secara profesional artinya upaya meningkatkan citra diri yang berkenaan dengan bidang profesi atau pekerjaan yang sedang atau akan Anda terjuni. Caranya adalah dengan mengasah semua keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan oleh bidang profesi atau pekerjaan Anda. Pengembangan diri secara sosial artinya upaya meningkatkan citra diri yang berkenaan dengan cara Anda bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Caranya adalah dengan mempelajari berbagai jenis karakter atau sifat seseorang, dengan tujuan agar Anda mampu memilih bentuk komunikasi dan pendekatan yang tepat kepada seseorang dengan jenis karakter atau sifat yang dimilikinya. Tidak hanya itu saja, Anda pun harus memperhatikan etika sosial dan budaya yang berlaku pada masyarakat tempat Anda berada, karena etika sosial dan budaya pada suatu masyarakat dapat berbeda bahkan bertolak belakang dengan masyarakat yang lain. Dengan memahami etika sosial dan budaya yang berlaku pada masyarakat setempat, Anda akan mampu menempatkan diri secara pantas di lingkungan masyarakat tempat Anda berada, dan masyarakat pun tidak akan menganggap Anda sebagai seseorang yang perlu untuk dicurigai bahkan dihindari. Pengembangan diri secara individual artinya upaya meningkatkan citra diri yang berkenaan dengan keadaan fisik dan psikis Anda. Keadaan fisik erat kaitannya dengan tampilan tubuh yang enak dipandang mata dan cara berbusana yang sopan dan rapi. Keadaan psikis erat kaitannya dengan cara mengendalikan perasaan atau emosi Anda, cara berperilaku yang baik dan sopan, dan cara bertutur kata yang santun dan menyenangkan. Ke tiga aspek utama pengembangan diri ini harus diupayakan secara simultan dan terus-menerus.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana CARA MENGASAH KEAHLIAN DAN CARA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN DIRI, berikut ini Kami berikan referensinya untuk Anda.

#1. BELAJAR BAHASA INGGRIS

#2. BELAJAR MENULIS

#3.1. CARA MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN IDE (1)

#3.2. CARA MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN IDE (2)

#4.1. CARA MEMBANGKITKAN ENERGI DAHSYAT DALAM DIRI ANDA

#4.2. CARA MENJADI PERCAYA DIRI HANYA DALAM 21 HARI

#4.3. CARA MENGELOLA WAKTU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ANDA

#4.4. CARA MEMPERTAHANKAN KEBUGARAN MOTIVASI HANYA DENGAN 15 MENIT SEHARI

#4.5. CARA MENGATASI RASA MALAS

#4.6. CARA MEMANFAATKAN KEKUATAN DAYA UNGKIT UNTUK KESUKSESAN KARIR DAN BISNIS ANDA

#4.7. CARA MENJADIKAN DIRI SEBAGAI SANG JUARA

Salam Sukses Bahagia.

I.G. EDY ARYAWAN, S.PD

Pemilik Dan Pengelola Website PENGETAHUANINTERNET.COM

Alamat Email: pengetahuaninternet@gmail.com

Telepon Dan SMS: 083832329000

PENGETAHUANINTERNET.COM Office Address: Sukodono Sidoarjo, Indonesia

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply